WHAT'S NEW?
Loading...

Windows vs Linux

Masih bingung pilih OS mana untuk PC kamu? kali ini saya akan membahas yaitu Windows vs Linux.
Meskipun Windows dengan Linux sama - sama Sistem Operasi yaitu berfungsi sebagai perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem. namun, dari kedua OS tersebut ada yang membedakan nya dalam beberapa hal.

Jenis OS

Windows

Windows adalah jenis sistem operasi Close Source artinya adalah kode program tidak dibuka secara umum. jadi sang pengembang membagikan Source code nya dengan Lisensi, entah itu gratis maupun berbayar.

Linux : Distro

Linux merupakan jenis sistem operasi Open Source artinya Kode program dengan sumber terbuka tanpa dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat. jadi kita dapat memodifikasi atau mengembangkan OS tersebut dan gratis. jadi, tidak heran banyak Turunan atau distro distro dari Linux seperti, Arch, Debian, Backtrack, Open suse, Mint, Slackware, Red Hat dan lain lain.

Installasi

Windows

Untuk masalah Installasi pada windows pun tidak ribet dan partisi yang dibutuhkan hanya satu untuk tempat OS tersebut yang akan di install.

Linux

Ini merupakan salah satu Distro Linux, Sebelum penginstallan Linux sendiri memberikan Fitur USB Live yaitu untuk menggunakan OS tersebut tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu. berbeda dengan windows dalam hal partisi, Linux membutuhkan Minimal 2 partisi Untuk Install OS tersebut.
"/" Sebagai Root atau partisi berisi Filesystem OS tersebut.
"swap" sebagai memori swap.
atau kalian bisa juga menambahkan partisi lainnya seperti :
"/home" untuk tempat penyimpanan Home User.

Performa

Windows

Windows Cenderung lambat di karenakan Terlalu banyak detail pada UI yang menyebabkan membengkaknya ukuran windows secara tidak langsung menghambat proses Komputer.

Linux

Linux mempunyai tampilan sangat sederhana dan sedikitnya detail UI yang di sediakan. jika kalian menggunakan linux hanya CLI maka system requirements nya pun tidak membutuhkan banyak resorce.

User Friendly

Windows

Windows merupakan Sistem Operasi yang sangat User Friendly yang memudahkan para pengguna dalam melakukan hal di Sistem Operasi tersebut.

Linux

Linux cenderung dalam hal penggunaan CLI nya yang menyebabkan penggunaan sedikit berbeda dari windows. tetapi dari Linux sendiri sudah semakin berkembang yang membuat Sistem Operasi itu menjadi sangat mudah untuk di gunakan seperti Ubuntu dan Zorin.

keamanan

Windows

Windows memiliki tingkat keamanan yang relatif dan mempunyai banyak user. karena memiliki banyak user ini sering kali windows menjadi ladang para hacker dan cracker untuk membuat semacam virus terhadap komputer korban. penyebabnya karena pengguna windows lalai atau tidak berhati - hati terhadap suatu program yang ternyata dalam program tersebut disisipi semacam virus.
ironinya, hacker yang menyerang windows biasanya menggunakan OS lawannya yaitu Linux.

Linux

untuk keamanan linux sangat lah baik. dikarenakan dengan sumber terbuka dan banyak pengembangnya dengan sistem yang berbeda beda. hal ini menyebabkan tidak ada hacker yang membuatkan virus yang di khususkan untuk linux. rata - rata user yang menggunakan linux ini tergolong sudah mempunya pengetahuan di bidang IT.

Kesimpulan :
jika kalian ingin menggunakan OS yang User Friendly mudah di gunakan atau menggunakan OS, windows yang cocok untuk digunakan. tetapi, linux juga mempunyai keunggulan seperti jumlah varian, performa dan keamanan. bukan berarrti semua linux tidak User Friendly, dengan pengembangannya Linux menjadi OS yang User Friendly seperti Zorin dan Ubuntu.

0 comments:

Post a Comment